Rabu, 30 Agustus 2017

Contoh Laporan PKL Perhotelan



LAPORAN PELAKSANAAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
G.H UNIVERSAL HOTEL


Laporan ini disusun untuk memenuhi persyaratan mengikuti
 Ujian Sertifikasi Prakerin

Disusun oleh :
Ayu Wandira
Aldi Bimantara
Ismi Nur Fadilah
Mah’ud Afidin
Kompetensi Keahlian : Akomodasi Perhotelan


PEMERINTAH DAERAH PROVINSI JAWA BARAT
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1 CILIMUS
Jalan Baru Lingkar Caracas Cilimus
Telp. (0232) 8910145, Email: smkn_1cilimus@yahoo.com
Kabupaten Kuningan 45556


                                            BAB I
PENDAHULUAN

A.                Latar Belakang
Seperti yang kita ketahui dunia pariwisata di Indonesia semakin maju dan banyak pembangunan hotel-hotel yang memiliki kualitas tinggi, sehingga memerlukan Sumber Daya Manusia yang kompeten di bidang perhotelan.
SMKN 1 CILIMUS melahirkan Sumber Daya Manusia yang memiliki kualitas tinggi dan kompeten, Salah satu program yang mendukung lahirnya Sumber Daya Manusia yang kompeten maka diadakan Praktek Kerja Industri.  Praktek ini  merupakan sarana untuk menjembatani pemahaman teoritis di Sekolah dengan kondisi dunia nyata di industri yang akan meningkatkan mutu lulusan serta dapat memenuhi kebutuhan didunia pariwisata khususnya dunia perhotelan.
Praktek kerja Industri merupakan suatu kegiatan kerja siswa yang ditempatkan pada suatu tempat yang berkaiatan dengan bidang ilmu yang ditempuhnya dalam waktu tertentu. Selain itu, Praktek Kerja Industri yang dilakukan dapat membantu siswa agar lebih memahami bidang studi yang di tekuninya. Siswa akan belajar mengatasi kesenjangan antara teori yang didapatkan di Sekolah dengan permasalahan di dunia industri sebenarnya, yang memerlukan teknologi informasi untuk mendapatkan jalan keluarnya.
SMKN 1 CILIMUS memberikan keleluasaan kepada siswa untuk memilih tempat untuk Praktek Kerja Industri sesuai dengan keinginan masing-masing, Penulis memilih G.H UNIVERSAL HOTEL sebagai tempat Praktek Kerja Industri karena G.H UNIVERSAL HOTEL merupakan hotel bintang (*****) dan memiliki beberapa keunggulan  diantaranya, arsitekturnya yang unik, jumlah occupensinya yang tinggi, dan hotel yang memasuki rating 3 besar dalam Trip Advisor.


B.              Tujuan
Adapun tujuan pelaksanaan Praktek Kerja Industri di G.H UNIVERSAL HOTEL yaitu :
a.       Menambah wawasan tentang perhotelan.
b.      Mengenal ruang lingkup pekerjaan di bidang perhotelan secara langsung.
c.       Sebagai pengalaman kerja awal untuk siswa sebelum terjun langsung ke dunia kerja yang nyata.
d.      Memiliki rasa tanggung jawab.
e.       Memiliki sifat disiplin.
f.       Menambah rasa percaya diri.
g.      Menambah keterampilan di bidang Housekeeping.
h.      Meningkatkan kemampuan adaptif siswa.
i.        Meningkatkan kemampuan Hard Skill dan Soft Skill khususnya pada Housekeeping Departement.


BAB II
LANDASAN TEORI

A.                Pengertian Hotel
Adapun pengertian hotel menurut beberapa Ahli yaitu sebagai berikut :
1.       Menteri Perhubungan
Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang pengelolaannya secara komersial, di sediakan untuk setiap orang untuk dapat mendapatkan pelayanan berupa penginapan berikut dengan makanan dan juga minuman.
2.       AHMA (American Hotel & Motel Assocation)
Hotel adalah tempat yang di sediakan untuk menginap, makan, minum, dan mendapat pelayanan lainnya, untuk dapat di sewakan untuk para tamu atau orang yang akan tinggal untuk sementara.
3.      Webster
Hotel adalah berupa bangunan atau juga lembaga yang dapat menyediakan kamar yang di gunakan untuk menginap, minum, dan makan, serta mendapat pelayanan lainnya secara umum.
4.      Prof K.Kraft
Hotel adalah sebuah bangunan yang menyediakan makanan dan pelayanaan yang bersangkutan mengadakan perjalanan.
5.      Keputusan Menteri SK 241/H/70 Thn/1970
Hotel adalah perusahaan yang memberikan layanan jasa dalam bentuk penginapan atau akomodasi serta menyediakan hidangan dan fasilitas lainnya untuk umum yang memenuhi syarat-syarat comfort,  privacy, dan bertujuan komersional.
6.      Keputusan Menparpostel No. KM  37/PW.340/MPPT-86
Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial.
           
            Berdasarkan pengertian hotel menurut para ahli di atas, maka dapat di simpulkan bahwa :
Hotel adalah suatu perusahaan yang menyediakan layanan makanan dan minuman serta layanan jasa untuk umum yang dikelalola secara komersial.

B.              Klasifikasi Hotel.
1.   Berdasarkan Kelas
a.       Hotel Bintang Satu (*)
1)      Jumlah kamar standar minimum 15 kamar
2)      Kamar mandi di dalam
3)      Luas kamar standar minimum 20 m2
b.      Hotel Bintang Dua (**)
1)      Jumlah kamar standar minimum 20 kamar
2)      Kamar suite minimum 1 kamar
3)      Kamar mandi di dalam
4)      Luas kamar standar minimum 22 m2
5)      Luas kamar suite minimum 44 m2
c.       Hotel Bintang Tiga (***)
1)      Jumlah kamar standar minimum 30 kamar
2)      Kamar suite minimum 2 kamar
3)      Kamar mandi di dalam
4)      Luas kamar standar minimum 24 m2
5)      Luas kamar suite minimum 48 m2
d.      Hotel Bintang Empat (****)
1)      Jumlah kamar standar minimum 50 kamar
2)      Kamar suite minimum 3 kamar
3)      Kamar mandi di dalam
4)      Luas kamar standar minimum 24 m2
5)      Luas kamar suite minimum 48 m2

e.       Hotel Bintang Lima (*****)
1)      Jumlah kamar standar minimum 100 kamar
2)      Kamar suite minimum 4 kamar
3)      Kamar mandi di dalam
4)      Luas kamar standar minimum 26 m2
5)      Luas kamar suite minimum 52 m2
2.   Berdasarkan Plan
      a.  American Plan
1)      Full American Plan
Harga kamar sudah termasuk 3 kali makan (pagi, siang dan malam).
2)      Modified American Plan
               Harga kamar sudah termasuk dengan dua kali makan.
      b.  Continental Plan/Bermuda Plan
Harga kamar sudah termasuk kontinental breakfast.
      c.   European Plan
               Tamu yang menginap hanya membayar kamar saja.
3.   Berdasarkan Ukuran
      a.  Small Hotel
               Hotel kecil dengan jumlah kamar di bawah 150 kamar.
b.  Medium Hotel
   Hotel dengan ukuran sedang.  Medium hotel ini dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu:
1)      Average hotel (jumlah kamar antara 150 s.d 299 kamar).
2)      Above average hotel (jumlah kamar antara 300 s.d 600 kamar).
c.  Large Hotel
   Hotel besar dengan jumlah kamar di atas 600 kamar.
4.   Berdasarkan Lokasi
a.  City Hotel
   Hotel yang terletak di dalam kota, dimana sebagian besar tamu yang menginap mempunyai kegiatan bisnis.

  b. Resort Hotel
    Hotel yang terletak di kawasan wisata, dimana sebagian besar tamunya tidak melakukan kegiatan bisnis, tetapi lebih banyak untuk rekreasi.  Hotel-hotel tersebut antara lain:
1)      Mountain Hotel
2)      Beach Hotel
3)      Lake Hotel
4)      Hill Hotel
5)      Forest Hotel
5.   Berdasarkan Area
a.  Suburb Hotel
           Hotel yang berlokasi di pinggiran kota, yang merupakan kota satelit.
b.  Airport Hotel
Hotel yang berada dalam satu kompleks bangunan atau area bandara atau sekitar bandara.
c.  Urban Hotel
           Hotel yang berlokasi di pedesaan dan jauh dari kota.
6.   Berdasarkan Maksud Kunjungan Tamu
a.  Business Hotel
           Hotel yang sebagian besar tamunya melakukan kegiatan bisnis.
b.  Resort/Tourism Hotel
Hotel yang kebanyakan tamunya adalah wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.
c.  Casino Hotel
           Hotel yang sebagian tempatnya berfungsi untuk kegiatan perjudian.
d. Pilgrim Hotel
           Hotel yang sebagain tempatnya berfungsi sebagai tempat beribadah.
e.    Cure Hotel
Hotel yang sebagian tamunya adalah tamu yang sedang dalam proses pengobatan       atau   penyembuhan dari suatu penyakit.

7.   Berdasarkan Lamanya Tamu Menginap
a.  Transit Hotel
Tamu yang meginap di hotel ini biasanya dalam waktu singkat, rata-rata satu malam.
b.  Semi residential Hotel
Tamu yang menginap di hotel ini biasanya lebih dari satu malam. Tetapi ada yang tinggal antara satu minggu s.d satu bulan.
c.  Residential Hotel
Tamu yang menginap di hotel ini cukup lama, paling sedikit satu bulan.  
8.   Berdasarkan Aspek Bentuk Bangunan
a.   Pondok Wisata
Merupakan suatu usaha perseorangan dengan mempergunakan sebagian dari rumah tinggalnya untuk inapan bagi setiap orang dengan memperhitungkan pembayaran harian.
b.   Cottage
Merupakan suatu bentuk bangunan yang dipergunakan untuk usaha pelayanan akomodasi dengan fasilitas-fasilitas tambahan lainnya.  Fasilitas tambahan yang dimaksud bisa berupa peminjaman sepeda  secara gratis, atau fasilitas dayung apabila cottage terletak di tepi danau.
c.   Motel (Motor Hotel)
Merupakan suatau bentuk bangunan yang digunakan untuk usaha perhotelan dengan sarana tambahan adanya garasi di setiap kamarnya. Biasanya motel ini bertingkat dua, bagian atas sebagai kamar, dan bagian bawah berupa garasi mobil.


A.     Lingkup Pekerjaan Setiap Departemen
1.      Marketing Departemen (Departemen Pemasaran)
Departemen yang bertugas memasarkan produk hotel ke pasaran luas sesuai kebutuhannya.
2.      Front Office Departemen (Departemen Kantor Depan)
Departemen yang bertugas menjual kamar yang memenuhi syarat dan siap untuk dihuni oleh tamu hotel.
3.      Housekeeping Departemen (Departemen Tata Graha)
Housekeeping berasal dari kata house yang bearti rumah, wisma, hotel, dan to keep yang bearti merawat atau memelihara. Jadi housekeeping adalah bagian atau departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan, dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya. Housekeeping departement adalah bagian dari hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan kamar (guest room), ruangan umum, restoran, bar, dan outlet lainnya.
Tanggung Jawab bagian Housekeeping Departement
meliputi area :
a.       Ruang tamu (Guest Room)
b.      Koridor ( Corridor)
c.       Restoran dan banquet ( Restaurant and Banquet Hall)
d.      Ruang kantor ( Office )
e.       Locker karyawan ( Employee Locker)
f.       Toilet karyawan ( Toilet Locker )
g.      Toilet tamu ( Guest Toilet )
h.      Taman di dalam dan di luar ruangan (In and Out Door Garden)
i.        Kolam renang ( Swimming Pool)
j.        Halaman parkir ( Parking Area )


Tugas bagian Housekeeping Departement adalah  sebagai
berikut :
a.       Menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik, nyaman, dan aman.
b.      Memberikan pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas saat berkunjung maupun menginap di Hotel.
c.       Penyiapan, penataan, dan pemeliharaan kamar-kamar.
d.      Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum di Hotel.
Beberapa sasaran Housekeeping Departement adalah :
a.       Bersih
Kebersihan di suatu ruangan dan kamar tamu di hotel sangat menentukan. Bila kebersihan terjaga maka tamu menjadi tenang karena sanitasi terjamin. Inilah langkah pertama tamu dalam menilai suatu hotel.
b.      Menarik
Dengan dasar kebersihan pada suatu ruangan dan ditunjang dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi maka ruangan akan menjadi menarik.
c.       Nyaman
Lingkungan dan ruangan suatu hotel yang bersih, menarik, dan tenang dengan pelayanan yang memuaskan akan membuat tamu dan pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal atau berkunjung kembali ke hotel.
d.      Aman
Faktor penting yang selalu didambakan pengujung atau tamu yaitu keamanan. Keamanan tamu selama berkunjung atau menginap di hotel meliputi keamanan pribadi dari pencurian, kebakaran, dan bahaya dari peralatan hotel.

Untuk menjangkau seluruh area tersebut, Housekeeping Department dibagi menjadi beberapa seksi :
a.       Seksi Kamar ( Room Section / Floor Section)
Seksi ini bertanggung jawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar tamu. Dalam beberapa hotel, penganturan tanggung jawab floor ini termasuk kepada area corridor setiap lantai.
            Petugas yang berada di dalam seksi ini adalah :
1)      Floor Housekeeper atau Floor Section Manager
2)      Floor Supervisor
3)      Room Attendant
b.      Seksi Area Umum ( Public Area Section/Houseman Section)
Seksi ini bertanngung jawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan area-area dan fasilitas umum yang ada di hotel.
Fasilitas itu antara lain :
1)      Lobby Area
2)      Public Toilet
3)      Restaurant & Bar
4)      Meeting / Conference Room
5)      Ballroom
6)      Business Center
7)      Fitness & Health Center
8)      Swimming Pool
9)      Parking Area
10)  Spa
11)  Outdoor and In Door Garden
12)  Guest Lift
13)  Back Office
14)  Locker Room
15)  Employee Corridor
16)  Canteen
Petugas yang berada di dalam seksi ini adalah :
1)      Public Area Housekeeper atau Public Area Manager
2)      Public Area Supervisor atau Houseman Supervisor
3)      Public Area Attendant atau Houseman
4)      Toilet Anttendat
5)      Night Cleaner
6)      Gardener
7)      Florist
c.       Seksi Binatu (Laundry Section)
Seksi ini bertangung jawab dalam hal penanganan dan penyediaan jasa pencucian dan pemeliharaan baik untuk guest laundry, maupun house laundry dan uniform.
Guest laundry adalah pakaian tamu, sedangkan house laundry adalah linen yang digunakan oleh housekeeping maupun departemen lain seperti banquet service, F&B, FO, dan departemen lainnya.
4.      Laundry Departement (Departement Binatu)
Seksi ini yang bertugas membantu Housekeeping Departement dalam menyediakan kebutuhan Linen (Handuk, Seprai, Selimut) untuk kamar hotel dan seragam karyawan.
5.      Engineering & Maintenance Departement
(Departemen Pengoperasian dan Perbaikan)
Departemen yang bertugas mengoperasikan, merawat, dan memperbaiki semua peralatan dalam hotel.
6.      Food & Beverage Departement
Food and beverage department adalah bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun yang tidak tinggal di hotel tersebut dan dikelola secara komersial.


Food and Beverage Depertment terbagi atas 2 bagian:
a.       Food &  Beverage Product
Merupakan  departmen yang menyajikan makanan, mulai dari proses pemasakan sampai berupa makanan jadi. Product terbagi atas  berbagai macam bagian yaitu Main Kitchen, Kithen Caffe Shop, Pastry Bakery. Dimana semua bagian tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda tetapi bertujuan sama yaitu menjual product ke konsumen hotel.
b.      Food & Beverge Service
Food and Beverage Service adalah (dari pembelian makanan (purchasing) untuk layanan kepada pelanggan) terutama berkaitan dengan pengiriman dan penyajian makanan untuk tamu.
Dalam suatu hotel F&B Service berfungsi sebagai penjamu pelayanan makanan dan minuman pada tamu hotel.
F&B Service terbagi atas  4 bagian :
a.       Restaurant
  Restaurant merupakan bagian dari Food & Beverage Departement yang berfungsi menyelenggarakan pelayanan  makanan dan minuman secara komersial pada suatu hotel.
b.      Bar
  Bar merupakan bagian dari Food And Beverage  Department  yang bertugas menyiapkan makanan dan minuman, baik ber alkohol dan non alkohol.
c.       Banquet
  Banquet merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam event – event besar yang di selenggarakan dihotel melalui pelayanan makanan dan minuman, biasanya di selenggarakan di Ballroom, Garden.



d.   Room Service
  Merupakan bagian dari Food And Beverage Service Departement yang bertugas melayani makanan dan minuman pada tamu  yang menghendaki makan dan minum dalam kamar hotel. Room Service buka selama 24 jam dengan menggunakan pelayanan trolly atau tray.
7.      Finance Departement (Departemen Keuangan)
Departemen yang bertugas mengelola keuangan baik pemasukan maupun pengeluaran hotel.
8.      Personal Departement (Departemen Personalia)
Departemen yang bertugas mengurus seluruh adsministrasi  karyawan hotel.
9.      Training Departement (Departemen Pelatihan)
Departemen yang bertugas memberikan berbagai latihan bagi karyawan hotel baik yang baru maupun yang lama.
10.  Security Departement (Departemen Keamanan)
Departemen yang bertugas menjaga dan mengatur sistem keamanan hotel.
 


BAB III
LAPORAN KEGIATAN HASIL KERJA

A.    Gambaran Umum G.H UNIVERSAL HOTEL

1.         Sejarah Singkat
G.H UNIVERSAL HOTEL merupakan perusahaan milik Bapak Agus Yoesman  yang dikelola oleh putrinya yang bernama Ibu  Elia Yoesman yang sekarang menjadi Owner di G.H UNIVERSAL HOTEL.
Awalnya G.H UNIVERSAL HOTEL ini hanyalah sebuah Motel yang hanya memiliki 22 kamar saja, kemudian pembangunan dilanjut  selama 4,5 tahun dan mulai dibuka/grand opening pada tanggal 16 Mei 2008 menjadi sebuah Hotel bintang lima (*****) di Indonesia. Luas bangunan lama 11.200 m, luas bangunan baru sama 11.200 m dan luas area parkir 3.300 m, jadi luas semuanya 14.500 m. Kemegahan sangat terasa ketika kita memasuki area G.H UNIVERSAL HOTEL, bangunan yang memiliki arsitektur klasik dan suasana berbalut Eropa.
G.H UNIVERSAL HOTEL, hadir sebagai salah satu sarana pendukung pariwisata daerah yang siap memberikan tempat peristirahatan dan service bagi wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik yang berkunjung ke Kota Bandung. Kini setelah kurun waktu 8 Tahun G.H UNIVERSAL HOTEL tumbuh dan berkembang, sungguh sangat disayangkan bila kita berkunjung ke Bandung  tanpa menyempatkan diri untuk melepas kelelahan di G.H UNIVERSAL HOTEL. Keluarga Besar G.H UNIVERSAL HOTEL sangat berbangga bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada tamu-tamu G.H UNIVERSAL HOTEL Bandung.
2.      Alamat
G.H UNIVERSAL HOTEL  berada di Jl. Setiabudhi 376, Bandung 40143, Indonesia Ph : 62 – 22 – 2010388 | Fax : 62 – 22 – 2014525
Direct Reservation : 62 – 22 – 72257388 | 62 – 22 – 92913388


3.   Kamar dan Fasilitas Hotel
a.       Room Facilities
                        Jenis-jenis kamar :
1)      Superior  Room, 53 Rooms

a)      Published Rate            : Rp 1.750.000,-
b)      Size                             : 26 m2
c)   Fasilities
            King bed/twin bed, standing shower, telepon, AC, refrigerator and mini bar facilities, TV flat screen, water heater, free wi-fi,  electronic key system, long chair, coffee and tea marker, 24 hour  service.
d)     Standard Amenities
            Shampoo,  shower gel,  hand soap,  body lotion, sanitary bag, shower cap,  dental kit,  comb,  cotton buds, tissue roll, tissue box.
e)   Standard Supplies
            Bath towel, hand towel, bath mat,  memo ped,  pen, hotel directory, laundry bag, hair dryer,  slipper,  mineral water, sugar,  brown sugar,  creamer,  diasweet,  coffee nescafe,  dilmah english breakfast,  dilmah pure green tea.
   
2)      Deluxe King Room, 28 Rooms

a)      Published Rate            : Rp 2.750.000,-
b)      Size                             : 45 m2
c)      Connecting Room       : 8 Rooms
(451-453, 455-457, 459-461, 460-462)
f)       Fasilities
King bed (180x200), standing shower, telepon, AC, Rafrigerator and  mini bar facilities, TV flat screen, water heater, free wi-fi, electronic key system, arm chair, rack baggage , 24 hour  service.
g)      Standard Amenities
Shampoo,  shower gel,  hand soap,  body lotion, sanitary bag,  shower cap,  dental kit,  hair brush,  loofah,  cotton buds, tissue roll, tissue box .
h)      Standard Supplies
Bath towel,  hand towel,  bath mat,  memo ped, pen, hotel directory, laundry bag, hair dryer,  slipper,  mineral water, sugar,  brown sugar,  creamer,  diasweet,  coffee nescafe, dilmah english breakfast,  dilmah pure green tea.
3)      Deluxe Double Queen Room, 18 Rooms


a)      Published Rate            : Rp 3.250.000,-
b)      Size                             : 66 m2
c)      Fasilities
Twin bed (160x200), standing shower, telepon, AC, refrigerator and mini bar facilities, TV flat screen, water heater, free wi-fi, electronic key system, arm chair, rack baggage, 24 hour  service.
d)     Standard Amenities
Shampoo,  shower gel,  hand soap,  body lotion, sanitary  bag,  shower cap,  dental kit,  hair brush,  loofah,  cotton buds , tissue roll, tissue box .
e)      Standard Supplies
Bath towel,  hand towel,  bath mat,  memo ped, pen, hotel directory, laundry bag, hair dryer,  slipper,  mineral water, sugar,  brown sugar,  creamer,  diasweet,  coffee nescafe, dilmah english breakfast,  dilmah pure green tea.

4)      Princess Suite, 1 Room

a)      Published Rate            : Rp 4.000.000,-
b)      Size                             : 45 m2
c)      Fasilities
King bed (180x200), standing shower, telepon, AC, refrigerator and  Mini bar facilities, TV flat screen,       water heater, free wi-fi, electronic key system, arm chair, rack baggage, coffee and tea marker, sofa private balcon view pool with balcon chair & balcon tabel, long sofa near bed, electronic key, coffe and tea maker, flower bucket, fruits basket, 24 hour room service.
d)     Standard Amenities
Shampoo,  shower gel,  hand soap,  body lotion, sanitary bag,  shower cap,  dental kit,  hair brush,  loofah,  cotton buds, tissue roll, tissue box,  shaving kit,  shewing kit,  face towel,  freeza .
e)      Standard Supplies
 Bath towel,  hand towel,  bath mat,  memo ped, pen, hotel directory, laundry bag, hair dryer,  slipper,  mineral water, sugar,  brown sugar,  creamer,  diasweet,  coffee nescafe, dilmah english breakfast,  dilmah pure green tea,  aqua reflection.

5)      Honeymoon Suite, 1 Room

a)      Published Rate            : Rp 5.000.000,-
b)      Size                             : 70 m2
c)      Fasilities
King bed/twin bed, flower bucket, fruits basket, standing shower, telepon, AC, refrigerator and mini bar facilities, 2 TV flat screen, water heater, free wi-fi, electronic key system, arm chair, coffee and tea marker, 24 hour  service.
d)     Standard Amenities 
Shampoo,  shower gel, hand soap, body lotion, sanitary bag,  shower cap,  dental kit,  hair brush,  loofah,  cotto   buds, tissue roll, tissue box, shaving kit, shewing kit,  freeza.
e)      Standard Supplies 
Bath towel,  hand towel,  face towel,  bath mat, memo ped,  pen, hotel  directory, laundry bag, hair dryer  slipper,  mineral water,  sugar,  brown sugar,  creamer, diasweet,  coffee nescafe, dilmah english breakfast, dilmah pure green tea, aqua reflection.
 
6)      Queen Suite Room, 1 Room

a)      Published Rate            : Rp 6.750.000,-
b)      Size                             : 125 m2
c)      Fasilities
Twin bed (160x200), living room, dinning room, flower bucket, fruits basket, standing   shower, telepon, AC, refrigerator and mini bar facilities, 2 TV flat screen, water heater, free wi-fi,     electronic key system, arm chair, coffee and tea marker, 24 hour  service.
d)     Standard Amenities
 Shampoo, shower gel, hand soap,  body lotion, sanitary bag,  shower cap, dental kit,  hair brush, loofah,  cotton   buds, tissue roll, tissue box, shaving kit, shewing kit, freeza,  bath robe.
e)      Standard Supplies
 Bath towel,  hand towel,  face towel,  bath mat, memo ped,  pen, hotel  directory, laundry bag, hair dryer, slipper,  mineral water,  sugar,  brown sugar,  creamer, diasweet,  coffee nescafe,  dilmah english breakfast, dilmah pure green tea,  aqua reflection.

7)      Governor Suite, 1 Room

a)         Publish Rate  : Rp. 9.000.000
b)         Size                : 125 m2
c)         Fasilities
Twin bed (160x200), living room, dinning room, flower bucket, fruits basket, standing   shower, telepon, AC, refrigerator and mini bar facilities, 3 TV flat screen, water heater, free wi-fi,     electronic key system, arm chair, coffee and tea marker,  24 hour  service.
d)        Standard Amenities
Shampoo, shower gel,  hand soap,  body lotion, sanitary bag,  shower cap, dental kit,  hair brush,  loofah,  cotton buds, tissue roll, tissue box,shaving kit, shewing kit, freeza,  bath robe.
e)         Standard Supplies
Bath towel,  hand towel,  face towel,  bath mat, memo ped,  pen, hotel directory, laundry bag, hair dryer, slipper,  mineral water,  sugar,  brown sugar,  creamer, diasweet,  coffee nescafe, dilmah english breakfast, dilmah pure green tea,  aqua reflection.

8)      King Suite, 1 Room

a)      Publish Rate    : Rp.10.000.000,-
b)      Size                 : 125 m2
c)      Fasilities
Twin bed (160x200), living room, dinning room, flower bucket, fruits basket, standing   shower, telepon, AC, refrigerator and mini bar facilities, 3 TV flat screen, water heater, free wi-fi,     electronic key system, arm chair, coffee and tea marker, microwave, 24 hour  service.
d)     Standard Amenities
Shampoo, shower gel,  hand soap,  body lotion, sanitary bag,  shower cap, dental kit,  hair brush,  loofah,  cotton   buds, tissue roll, tissue box, shaving kit, shewing kit, freeza,  bath robe.
e)      Standard Supplies
Bath towel,  hand towel,  face towel,  bath mat, memo ped,  pen, hotel  directory, laundry bag, hair dryer, slipper,  mineral water,  sugar,  brown sugar,  creamer, diasweet,  coffee nescafe,  dilmah english breakfast, dilmah pure green tea, aqua reflection.

9)      Presidential Suite, 1 Room

a)      Publish Rate    : 15.000.000,-
b)      Size                 : 250 m2
c)      Fasilities
Twin bed (160x200), single bed (200x200), living room, big dinning room, flower bucket, fruits basket, standing   shower, telepon, AC, refrigerator and mini bar facilities, 5 TV flat screen, water heater, free wi-fi, timbangan berat badan , 3 table work ,  electronic key system,3  arm chair, eating set , meja berhias,ward robe, safe deposit box , coffee and tea marker,  24 hour  service.
d)     Standard Amenities
Shampoo,  shower gel,  hand soap,  body lotion, sanitary bag, shower cap,  dental kit,  hair brush, loofah,  cotto   buds, tissue roll, tissue box, shaving kit, shewing kit,  freeza,  bath robe.
e)      Standard Supplies
Bath towel,  hand towel,  face towel,  batmate, memo ped,  pen, hotel  directory, laundry bag, hair dryer, slipper, mineral water,  sugar,  brown sugar, creamer,  diasweet,  coffee nescafe,  dilmah english breakfast, dilmah pure green tea, aqua reflection.

1.      Meeting Chamber
Memiliki 9 Meeting Chamber :
Meeting Facilities :
a)       1 Screen
b)       1 White Board with Markers
c)      1 Flipchart with Markers
d)     Standard Sound System and Microphone
e)      Refreshment and Mineral Water
f)       Standard Meeting Decoration
g)       Memopad and Pencil
h)      Free Hot Spot

Meeting Packages :
a)      All Day Executive Meeting Rp 550.000,- ++
3 Times Coffee Break with Snack
Lunch & Dinner Arrangement
b)       Full Day Executive Meeting Rp 325.000,- ++
2 Times Coffee Break with Snack
Lunch or Dinner Arrangement
c)      Half Day Executive Meeting Rp 275.000,- ++
1 Time Coffee Break with Snack
            Lunch or Dinner Arrangement
d)      Additional Coffee Break Rp 150.000,- ++
               1 Time Coffee Break with Snack
Residential  Meeting :
a)      Single Occupancy Rp 1.250.000,- ++
b)      Twin Sharing Rp 950.000,- ++
c)      Residential  Meeting Packages are Inclusive of :
                        1 Night Stay
                        1x Breakfast
                        2x  Coffee Break, Lunch, Dinner
                        Standard Meeting Equipment
                        One Reception Table
                        One Small Screen
                        One Flipchart with Markers
                        One White Board with Markers
                        Two Microphones
                        Sound System and Lighting
                        Memopad and Pen
                        Refreshment and Mineral  Water
                        Standard Meeting Decoration
                        Plantation and Flowers
2.      Lobby
1.      Restaurant
a)      Belle Vue 24 Hour French and Italian Bistro


b)      Fat Dragon/Crystal Dinning Chamber Asian and Tradisional Food

2.      Other Fasilities
a)      Taxi Service
b)      24 Hour Frontdesk
c)      ATM/ Cash Machine On Site
d)     Business Center
e)      Mushola
f)       Garden
g)      Laundry Service
h)      Parking Area
i)        Room Rate & Event Package
j)        Room Rate & Fasilities
k)      Room Type Rate & Fasilities
l)        Free  Wi-Fi

m)    Outdoor Swimming Pool & Kids Swimming Pool 
I) Baby and Kids Facilities 
 J)    Roof Top Bar



n)      Pet Inn
DOG
Type of Dog
1 Day
3 Days
5 Days
7 Days
Long Stay
Small 0 - 7 Kg
Rp 125.000,-
10% Disc
15% Disc
20% Disc
25%     Disc
Medium 7 - 15 Kg
Rp 150.000,-
Large 15 - 30 Kg
Rp 175.000,-
X Large 30 Kg +
Rp 200.000,-
CAT
Rp 75.000,- / Day
Dog Playground and Swimming Pool :         


o)      Spa

p)      Fitnes Center


q)      Pastry Shop


r)       Drug Store


A.    Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan Praktek Kerja Industri yang dilaksanakan Penulis, yaitu tanggal 10 oktober 2016 sampai 10 februari 2017, bertempat di G.H UNIVERSAL HOTEL Bandung.

B.     Langkah Kerja
       Menurut hotel masing-masing karena SOP Hotel berbeda-beda :)
A.    Aturan Keselamatan Kerja
1.      Berikut adalah aturan keselamatan kerja:
a.          Berdoa sebelum bekerja.
b.         Berhati- hati dalam bekerja.
c.          Harus berkonsentrasi penuh dalam bekerja.
d.         Bila ada peralatan yang rusak, maka segeralah diperbaiki / diganti.
e.          Jika memakai peralatan berlistrik, jauhilah dari air.
f.          Periksa peralatan sebelum dipakai.
g.         Rawatlah peralatan dengan sebaik-baiknya.
h.         Ikuti peraturan yang sudah ada di perusahaan.

a.    Pekerja
       Para pekerja atau karyawan disuatu perusahaan harus dijaga dengan baik kesehatannya. Hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan kinerjanya sehingga memperoleh tenaga-tenaga kerja yang produktif dan profesional. Produktif dan profesional yang meningkat pada gilirannya akan membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.
    Usaha-usaha keselamatan dan kesehatan kerja, yaitu:
1)      Mengadakan seleksi dari calon pegawai.
2)      Pemeriksaan kesehatan secara rutin terhadap pegawai.
3)      Meningkatkan kesejahteraan dan mengusahakan suasana serta cara hidup pekerja seoptimal mungkin.
4)      Imunisasi berkala terhadap penyakit- penyakit khusus.

B.     Analisa Hasil Kerja
Keberhasilan yang dialami Penulis merupakan pengalaman yang sangat berharga selama melaksanakan Praktek Kerja Industri di G.H UNIVERSAL HOTEL Bandung antara lain:
1.      Penulis dapat menerapkan ilmu yang didapat dari Sekolah untuk operasional di Hotel sekaligus  mengembangkannya.
2.      Penulis dapat lebih memahami dunia kerja nyata yang sebenarnya.
3.      Penulis dapat mengetahui bagaimana cara membina hubungan baik antara sesama rekan kerja dengan profesional.
4.      Penulis telah mampu untuk merasa percaya diri dalam melaksanakan semua tugas-tugas yang dikerjakan.
5.      Penulis mendapat berbagai ilmu yang tidak penulis dapatkan di Sekolah.
6.      Minimnya jumlah karyawan membuat Penulis mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan operasional secara sendiri.
7.      Penulis dapat lebih tenang dalam memecahkan suatau permasalahan.
     
                        Adapun perbedaan antara teori dan praktek diantaranya :
1.      Adanya perbedaan antara Standar Operasional Prosedur yang digunakan Sekolah dengan Hotel.
2.      Adanya perbedaan pembagian waktu kerja yang di pelajari di Sekolah dengan di Hotel.

BAB IV
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Selama empat bulan Penulis  melaksanakan Praktek Kerja Industri di G.H UNIVERSAL HOTEL Bandung banyak hal baru yang Penulis dapatkan, Baik itu dari segi wawasan ataupun keterampilan kerja, adapun beberapa kesimpulan yang dapat Penulis  tarik dari laporan ini adalah :
1.      Kegiatan Praktek Kerja Industri sangatlah penting untuk mempersiapkan siswa yang akan menjadi calon profesional di masa yang akan datang.
2.      Selama pelaksanaan Praktek Kerja Industri Penulis  banyak mendapatkan ilmu serta wawasan yang baru dalam hal operasional.
3.      Tuntutan dunia industri terhadap calon tenaga kerja ataupun siswa yang melakukan program Praktek Kerja Industri cukup tinggi baik dari segi skill,  Knowledge ataupun attitude.
4.      Untuk operasional Housekeeping Departement G.H UNIVERSAL HOTEL  memiliki standar yang cukup baik dilihat dari digunakannya Standar Operasional Prosedur dan Standar Job Description oleh seluruh staf.
5.      Ilmu yang Penulis  pelajari di Sekolah sangat bermanfaat dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri.
6.      Semua section saling bekerja sama menghadapi event-event tertentu.
7.      Mengingat sedikitnya jumlah staf setiap dapartment membuat para siswa training memiliki peranan yang sangat penting.

DAFTAR PUSTAKA
a.       www.ghuniversal.com
b.      Trip Advisor
c.       www.Sakyakumara.blogspot.com
e.       http://www.jelajahinternet.com
f.       http://dilihatnya.com
  
Selesai. tinggal tambakan SOP, Saran dan Lampiran aja.:)
Semoga postingan hari ini bermanfaat bagi Sahabat Blogger semuaaa :)
Jangan lupa kritik dan sarannya yup :D Jangan lupa Follow dan kunjungi Blogku.





2 komentar:

  1. Apakah blog ini mash on.?

    BalasHapus
  2. Terimakasih dengan ini aku bisa mengerti cara buat laporan thq😊😁

    BalasHapus

Contoh Laporan PKL Perhotelan

LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI G . H UNIVERSAL HOTEL Lapora...