LAPORAN PELAKSANAAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
G.H UNIVERSAL HOTEL
Laporan
ini disusun untuk memenuhi persyaratan mengikuti
Ujian Sertifikasi Prakerin
Disusun
oleh :
Ayu
Wandira
Aldi
Bimantara
Ismi
Nur Fadilah
Mah’ud
Afidin
Kompetensi Keahlian : Akomodasi
Perhotelan
PEMERINTAH
DAERAH
PROVINSI JAWA BARAT
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1
CILIMUS
Jalan
Baru Lingkar Caracas Cilimus
Kabupaten
Kuningan 45556
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Seperti yang kita ketahui dunia pariwisata di
Indonesia semakin maju dan banyak pembangunan hotel-hotel yang memiliki
kualitas tinggi, sehingga memerlukan Sumber Daya Manusia yang kompeten di
bidang perhotelan.
SMKN 1 CILIMUS melahirkan Sumber Daya Manusia yang
memiliki kualitas tinggi dan kompeten, Salah satu program yang mendukung
lahirnya Sumber Daya Manusia yang kompeten maka diadakan Praktek Kerja Industri.
Praktek ini merupakan sarana untuk menjembatani pemahaman
teoritis di Sekolah
dengan kondisi dunia nyata di industri yang akan meningkatkan mutu lulusan
serta dapat memenuhi kebutuhan didunia pariwisata khususnya dunia perhotelan.
Praktek kerja Industri merupakan suatu kegiatan
kerja siswa yang ditempatkan pada suatu tempat yang berkaiatan dengan bidang
ilmu yang ditempuhnya dalam waktu tertentu. Selain itu, Praktek Kerja Industri yang
dilakukan dapat membantu siswa agar lebih memahami bidang studi yang di
tekuninya. Siswa
akan belajar mengatasi kesenjangan antara teori yang didapatkan di Sekolah dengan permasalahan di
dunia industri sebenarnya, yang memerlukan teknologi informasi untuk
mendapatkan jalan keluarnya.
SMKN
1 CILIMUS memberikan keleluasaan kepada siswa untuk memilih tempat untuk
Praktek Kerja Industri sesuai dengan keinginan masing-masing, Penulis memilih
G.H UNIVERSAL HOTEL sebagai tempat Praktek Kerja Industri karena G.H UNIVERSAL
HOTEL merupakan hotel bintang (*****) dan memiliki beberapa keunggulan diantaranya, arsitekturnya yang unik, jumlah
occupensinya yang tinggi, dan hotel yang memasuki rating 3 besar dalam Trip
Advisor.
B.
Tujuan
Adapun tujuan pelaksanaan Praktek Kerja Industri di
G.H UNIVERSAL HOTEL yaitu :
a. Menambah
wawasan tentang perhotelan.
b. Mengenal
ruang lingkup pekerjaan di bidang perhotelan secara langsung.
c. Sebagai
pengalaman kerja awal untuk siswa sebelum terjun langsung ke dunia kerja yang
nyata.
d. Memiliki
rasa tanggung jawab.
e. Memiliki
sifat disiplin.
f. Menambah
rasa percaya diri.
g. Menambah
keterampilan di bidang Housekeeping.
h. Meningkatkan
kemampuan adaptif siswa.
i.
Meningkatkan kemampuan Hard Skill dan
Soft Skill khususnya pada Housekeeping Departement.
BAB II
LANDASAN TEORI
A.
Pengertian
Hotel
Adapun
pengertian hotel menurut beberapa Ahli yaitu sebagai berikut :
1.
Menteri Perhubungan
Hotel
adalah suatu
bentuk akomodasi
yang pengelolaannya secara komersial, di sediakan untuk
setiap orang untuk dapat mendapatkan pelayanan berupa penginapan berikut dengan
makanan dan juga minuman.
2.
AHMA (American Hotel & Motel Assocation)
Hotel adalah tempat yang di sediakan untuk menginap,
makan, minum, dan mendapat pelayanan lainnya, untuk dapat di sewakan untuk para
tamu atau orang yang akan tinggal untuk sementara.
3.
Webster
Hotel adalah berupa bangunan atau juga lembaga yang
dapat menyediakan kamar yang di gunakan untuk menginap, minum, dan makan, serta
mendapat pelayanan lainnya secara umum.
4.
Prof
K.Kraft
Hotel adalah sebuah bangunan
yang menyediakan makanan dan pelayanaan yang bersangkutan mengadakan
perjalanan.
5.
Keputusan
Menteri SK 241/H/70 Thn/1970
Hotel adalah perusahaan yang
memberikan layanan jasa dalam bentuk penginapan atau akomodasi serta
menyediakan hidangan dan fasilitas lainnya untuk umum yang memenuhi
syarat-syarat comfort, privacy, dan bertujuan komersional.
6.
Keputusan
Menparpostel No. KM 37/PW.340/MPPT-86
Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan
sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan
minuman serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial.
Berdasarkan
pengertian hotel menurut para ahli di atas, maka dapat di simpulkan bahwa :
Hotel adalah
suatu perusahaan yang menyediakan layanan makanan dan minuman serta layanan
jasa untuk umum yang dikelalola secara komersial.
B.
Klasifikasi
Hotel.
1. Berdasarkan Kelas
a.
Hotel
Bintang Satu (*)
1) Jumlah kamar standar minimum 15 kamar
2) Kamar mandi di dalam
3)
Luas
kamar standar minimum 20 m2
b.
Hotel
Bintang Dua (**)
1) Jumlah kamar standar minimum 20 kamar
2) Kamar suite minimum 1 kamar
3) Kamar mandi di dalam
4) Luas kamar standar minimum 22 m2
5)
Luas
kamar suite minimum 44 m2
c.
Hotel
Bintang Tiga (***)
1) Jumlah kamar standar minimum 30 kamar
2) Kamar suite minimum 2 kamar
3) Kamar mandi di dalam
4) Luas kamar standar minimum 24 m2
5)
Luas
kamar suite minimum 48 m2
d.
Hotel
Bintang Empat (****)
1)
Jumlah
kamar standar minimum 50 kamar
2) Kamar suite minimum 3 kamar
3) Kamar mandi di dalam
4) Luas kamar standar minimum 24 m2
5)
Luas
kamar suite minimum 48 m2
e. Hotel Bintang Lima (*****)
1)
Jumlah
kamar standar minimum 100 kamar
2) Kamar suite minimum 4 kamar
3) Kamar mandi di dalam
4) Luas kamar standar minimum 26 m2
5) Luas kamar suite minimum 52 m2
2. Berdasarkan
Plan
a. American Plan
1)
Full
American Plan
Harga kamar
sudah termasuk 3 kali makan (pagi, siang dan malam).
2)
Modified
American Plan
Harga
kamar sudah termasuk dengan dua kali makan.
b. Continental Plan/Bermuda Plan
Harga
kamar sudah termasuk kontinental breakfast.
c. European Plan
Tamu
yang menginap hanya membayar kamar saja.
3. Berdasarkan
Ukuran
a.
Small Hotel
Hotel
kecil dengan jumlah kamar di bawah 150 kamar.
b. Medium Hotel
Hotel dengan ukuran sedang.
Medium hotel ini dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu:
1) Average hotel (jumlah kamar antara 150 s.d 299 kamar).
2) Above average hotel (jumlah kamar antara 300 s.d 600
kamar).
c. Large Hotel
Hotel besar dengan jumlah kamar di atas 600 kamar.
4. Berdasarkan
Lokasi
a. City Hotel
Hotel yang terletak di dalam kota, dimana sebagian besar tamu yang
menginap mempunyai kegiatan bisnis.
b. Resort Hotel
Hotel yang
terletak di kawasan wisata, dimana sebagian besar tamunya tidak melakukan
kegiatan bisnis, tetapi
lebih banyak untuk rekreasi. Hotel-hotel
tersebut antara lain:
1)
Mountain
Hotel
2)
Beach
Hotel
3)
Lake
Hotel
4)
Hill
Hotel
5) Forest Hotel
5. Berdasarkan
Area
a. Suburb Hotel
Hotel
yang berlokasi di pinggiran kota, yang merupakan kota satelit.
b. Airport Hotel
Hotel yang
berada dalam satu kompleks bangunan atau area bandara atau sekitar
bandara.
c. Urban Hotel
Hotel
yang berlokasi di pedesaan dan jauh dari kota.
6. Berdasarkan Maksud Kunjungan Tamu
a. Business Hotel
Hotel
yang sebagian besar tamunya melakukan kegiatan bisnis.
b. Resort/Tourism Hotel
Hotel yang kebanyakan tamunya adalah wisatawan, baik
domestik maupun mancanegara.
c. Casino Hotel
Hotel
yang sebagian tempatnya berfungsi untuk kegiatan perjudian.
d. Pilgrim Hotel
Hotel
yang sebagain tempatnya berfungsi sebagai tempat beribadah.
e. Cure Hotel
Hotel yang
sebagian tamunya adalah tamu yang sedang dalam proses pengobatan atau
penyembuhan dari suatu penyakit.
7. Berdasarkan Lamanya Tamu Menginap
a. Transit Hotel
Tamu yang meginap di hotel ini biasanya dalam waktu
singkat, rata-rata satu malam.
b. Semi residential Hotel
Tamu yang menginap di hotel ini biasanya lebih dari
satu malam. Tetapi ada yang tinggal antara satu minggu s.d satu bulan.
c. Residential
Hotel
Tamu yang menginap di hotel ini cukup lama, paling sedikit satu bulan.
8. Berdasarkan Aspek Bentuk Bangunan
a. Pondok Wisata
Merupakan suatu usaha perseorangan dengan
mempergunakan sebagian dari rumah tinggalnya untuk inapan bagi setiap orang dengan memperhitungkan
pembayaran harian.
b. Cottage
Merupakan suatu bentuk bangunan yang dipergunakan untuk usaha
pelayanan akomodasi dengan fasilitas-fasilitas tambahan lainnya. Fasilitas tambahan yang dimaksud bisa berupa
peminjaman sepeda secara gratis, atau
fasilitas dayung apabila cottage terletak di tepi danau.
c. Motel (Motor
Hotel)
Merupakan suatau bentuk bangunan yang digunakan untuk usaha perhotelan
dengan sarana tambahan adanya garasi di setiap kamarnya. Biasanya motel ini
bertingkat dua, bagian atas sebagai kamar,
dan bagian bawah berupa
garasi mobil.
A.
Lingkup
Pekerjaan Setiap Departemen
1. Marketing
Departemen (Departemen Pemasaran)
Departemen yang
bertugas memasarkan produk hotel ke pasaran luas sesuai
kebutuhannya.
2. Front
Office Departemen (Departemen Kantor Depan)
Departemen yang
bertugas menjual kamar yang memenuhi syarat dan siap untuk
dihuni oleh tamu hotel.
3. Housekeeping
Departemen (Departemen Tata
Graha)
Housekeeping berasal dari kata house yang bearti
rumah, wisma, hotel, dan to keep yang bearti merawat atau memelihara. Jadi
housekeeping adalah
bagian atau departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan,
memperbaiki kerusakan, dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak
rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya. Housekeeping departement
adalah bagian dari hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, dan
kenyamanan kamar (guest room), ruangan umum, restoran, bar, dan outlet lainnya.
Tanggung Jawab bagian Housekeeping Departement
meliputi area :
a. Ruang
tamu (Guest Room)
b. Koridor
( Corridor)
c. Restoran
dan banquet ( Restaurant and Banquet Hall)
d. Ruang
kantor ( Office )
e. Locker
karyawan ( Employee Locker)
f. Toilet
karyawan ( Toilet Locker )
g. Toilet
tamu ( Guest Toilet )
h. Taman
di dalam dan di luar ruangan (In and Out Door Garden)
i.
Kolam renang ( Swimming Pool)
j.
Halaman parkir ( Parking Area )
Tugas bagian Housekeeping Departement adalah sebagai
berikut :
a.
Menciptakan suasana hotel yang bersih,
menarik, nyaman, dan aman.
b. Memberikan
pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas
saat berkunjung maupun menginap di Hotel.
c. Penyiapan,
penataan, dan pemeliharaan kamar-kamar.
d. Bertanggung
jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum di Hotel.
Beberapa sasaran Housekeeping Departement adalah :
a. Bersih
Kebersihan
di suatu ruangan dan kamar tamu di hotel sangat menentukan. Bila kebersihan
terjaga maka tamu menjadi tenang karena sanitasi terjamin. Inilah langkah
pertama tamu dalam menilai suatu hotel.
b. Menarik
Dengan
dasar kebersihan pada suatu ruangan dan ditunjang dengan perlengkapan serta
dekorasi yang serasi maka ruangan akan menjadi menarik.
c. Nyaman
Lingkungan
dan ruangan suatu hotel yang bersih, menarik, dan tenang dengan pelayanan yang
memuaskan akan membuat tamu dan pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal atau
berkunjung kembali ke hotel.
d. Aman
Faktor
penting yang selalu didambakan pengujung atau tamu yaitu keamanan. Keamanan
tamu selama berkunjung atau menginap di hotel meliputi keamanan pribadi dari pencurian, kebakaran, dan bahaya dari
peralatan hotel.
Untuk menjangkau seluruh area tersebut, Housekeeping
Department dibagi menjadi beberapa seksi :
a. Seksi
Kamar ( Room Section / Floor Section)
Seksi ini bertanggung jawab terhadap kebersihan,
perawatan dan pemeliharaan kamar tamu. Dalam beberapa hotel, penganturan
tanggung jawab floor ini termasuk kepada area corridor setiap lantai.
Petugas
yang berada di dalam seksi ini adalah :
1) Floor
Housekeeper atau Floor
Section Manager
2) Floor Supervisor
3)
Room Attendant
b.
Seksi Area Umum ( Public Area Section/Houseman
Section)
Seksi ini bertanngung jawab terhadap kebersihan,
perawatan dan pemeliharaan area-area dan fasilitas umum yang ada di hotel.
Fasilitas itu antara
lain :
1)
Lobby Area
2)
Public Toilet
3)
Restaurant & Bar
4)
Meeting / Conference Room
5)
Ballroom
6)
Business Center
7)
Fitness & Health Center
8)
Swimming Pool
9) Parking
Area
10) Spa
11)
Outdoor and In Door Garden
12)
Guest Lift
13)
Back Office
14)
Locker Room
15)
Employee Corridor
16)
Canteen
Petugas yang berada di dalam
seksi ini adalah :
1)
Public Area Housekeeper atau Public Area
Manager
2)
Public Area Supervisor atau Houseman
Supervisor
3)
Public Area Attendant atau Houseman
4)
Toilet Anttendat
5)
Night Cleaner
6)
Gardener
7)
Florist
c. Seksi
Binatu (Laundry Section)
Seksi ini bertangung jawab
dalam hal penanganan dan penyediaan jasa pencucian dan pemeliharaan baik untuk
guest laundry, maupun house laundry
dan
uniform.
Guest laundry adalah pakaian tamu, sedangkan house
laundry adalah linen yang digunakan oleh housekeeping
maupun departemen lain seperti banquet service, F&B, FO, dan departemen lainnya.
4.
Laundry Departement (Departement Binatu)
Seksi ini yang
bertugas membantu Housekeeping Departement dalam menyediakan
kebutuhan Linen (Handuk, Seprai, Selimut) untuk kamar hotel dan seragam
karyawan.
5. Engineering
& Maintenance Departement
(Departemen Pengoperasian dan
Perbaikan)
Departemen yang
bertugas mengoperasikan, merawat, dan memperbaiki semua
peralatan dalam hotel.
6.
Food & Beverage Departement
Food and beverage department adalah bagian dari hotel
yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan
minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun
yang tidak tinggal di hotel tersebut dan dikelola secara komersial.
Food and Beverage Depertment
terbagi atas 2 bagian:
a.
Food
& Beverage Product
Merupakan departmen yang menyajikan makanan, mulai dari
proses pemasakan sampai berupa makanan jadi. Product terbagi atas berbagai macam bagian yaitu Main Kitchen,
Kithen Caffe Shop, Pastry Bakery. Dimana semua bagian tersebut mempunyai fungsi
yang berbeda-beda tetapi bertujuan sama yaitu menjual product ke konsumen hotel.
b.
Food &
Beverge Service
Food and Beverage
Service adalah (dari pembelian makanan (purchasing) untuk layanan kepada
pelanggan) terutama berkaitan dengan pengiriman dan penyajian makanan untuk tamu.
Dalam suatu hotel F&B Service berfungsi sebagai penjamu pelayanan makanan dan minuman pada tamu
hotel.
F&B Service terbagi atas 4 bagian :
a.
Restaurant
Restaurant merupakan bagian dari Food &
Beverage Departement yang berfungsi
menyelenggarakan pelayanan makanan dan
minuman secara komersial pada suatu
hotel.
b.
Bar
Bar merupakan bagian dari Food And
Beverage Department yang bertugas menyiapkan makanan dan minuman,
baik ber alkohol dan non alkohol.
c.
Banquet
Banquet merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam event – event besar yang
di selenggarakan dihotel melalui pelayanan makanan dan minuman, biasanya di
selenggarakan di Ballroom, Garden.
d.
Room Service
Merupakan bagian dari Food And Beverage
Service Departement yang bertugas melayani makanan dan minuman pada tamu yang menghendaki makan dan minum dalam kamar
hotel. Room Service buka selama 24 jam
dengan menggunakan pelayanan trolly atau tray.
7. Finance
Departement (Departemen Keuangan)
Departemen yang
bertugas mengelola keuangan baik pemasukan maupun pengeluaran
hotel.
8. Personal Departement (Departemen
Personalia)
Departemen yang
bertugas mengurus seluruh adsministrasi karyawan hotel.
9.
Training Departement (Departemen
Pelatihan)
Departemen yang
bertugas memberikan berbagai latihan bagi karyawan hotel baik
yang baru maupun yang lama.
10. Security
Departement (Departemen Keamanan)
Departemen yang
bertugas menjaga dan mengatur sistem keamanan hotel.
BAB
III
LAPORAN
KEGIATAN HASIL KERJA
A.
Gambaran
Umum G.H
UNIVERSAL HOTEL
1.
Sejarah Singkat
G.H UNIVERSAL HOTEL merupakan perusahaan
milik Bapak Agus Yoesman yang
dikelola oleh putrinya yang bernama Ibu Elia Yoesman yang sekarang menjadi Owner di G.H UNIVERSAL HOTEL.
Awalnya G.H UNIVERSAL HOTEL ini hanyalah sebuah Motel yang hanya
memiliki 22 kamar saja, kemudian pembangunan dilanjut selama 4,5 tahun dan mulai dibuka/grand opening pada
tanggal 16 Mei 2008 menjadi sebuah Hotel bintang
lima (*****) di Indonesia. Luas bangunan lama
11.200 m, luas bangunan baru sama 11.200 m dan luas area parkir 3.300 m, jadi
luas semuanya 14.500 m. Kemegahan sangat terasa ketika kita memasuki area G.H UNIVERSAL
HOTEL, bangunan yang memiliki arsitektur klasik dan suasana berbalut Eropa.
G.H UNIVERSAL HOTEL, hadir sebagai salah
satu sarana pendukung pariwisata daerah yang siap memberikan tempat
peristirahatan dan service bagi wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik
yang berkunjung ke Kota Bandung.
Kini setelah kurun waktu 8 Tahun
G.H UNIVERSAL HOTEL tumbuh dan
berkembang, sungguh sangat disayangkan bila kita berkunjung ke Bandung tanpa menyempatkan diri untuk melepas
kelelahan di G.H UNIVERSAL HOTEL. Keluarga Besar G.H UNIVERSAL HOTEL sangat berbangga
bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada tamu-tamu G.H UNIVERSAL HOTEL Bandung.
2. Alamat
G.H UNIVERSAL HOTEL
berada di Jl. Setiabudhi 376, Bandung 40143, Indonesia
Ph : 62 – 22 – 2010388 | Fax
: 62 – 22 – 2014525
Direct Reservation : 62 – 22 – 72257388 | 62 – 22 –
92913388
3. Kamar
dan Fasilitas
Hotel
a. Room
Facilities
Jenis-jenis
kamar :
1)
Superior Room, 53 Rooms
a)
Published
Rate : Rp 1.750.000,-
b)
Size : 26 m2
c) Fasilities
King bed/twin bed, standing shower, telepon, AC,
refrigerator and mini bar facilities, TV flat screen, water heater, free wi-fi, electronic key system, long chair, coffee and tea marker, 24 hour service.
d) Standard Amenities
Shampoo, shower gel, hand soap, body lotion, sanitary bag, shower cap, dental kit, comb, cotton buds, tissue roll, tissue box.
e) Standard Supplies
Bath towel, hand towel, bath mat, memo ped, pen, hotel directory, laundry bag, hair dryer, slipper, mineral water, sugar, brown sugar, creamer, diasweet, coffee nescafe, dilmah english breakfast, dilmah pure green tea.
2)
Deluxe
King Room, 28 Rooms
a)
Published
Rate : Rp 2.750.000,-
b)
Size : 45 m2
c)
Connecting
Room : 8
Rooms
(451-453,
455-457,
459-461,
460-462)
f)
Fasilities
King bed (180x200), standing shower, telepon, AC,
Rafrigerator
and mini bar facilities, TV flat screen, water heater,
free wi-fi,
electronic key system, arm chair, rack baggage , 24 hour service.
g)
Standard
Amenities
Shampoo, shower gel, hand soap, body lotion, sanitary bag, shower cap, dental kit, hair brush,
loofah, cotton buds, tissue roll, tissue box .
h)
Standard
Supplies
Bath towel,
hand towel, bath
mat, memo ped, pen, hotel directory, laundry bag, hair dryer, slipper, mineral water, sugar, brown sugar, creamer, diasweet, coffee nescafe, dilmah english
breakfast, dilmah pure green tea.
3) Deluxe
Double Queen Room, 18 Rooms
a)
Published
Rate : Rp 3.250.000,-
b) Size : 66 m2
c)
Fasilities
Twin bed
(160x200), standing
shower, telepon, AC, refrigerator and mini bar facilities, TV flat screen, water heater,
free wi-fi, electronic key system, arm chair, rack baggage, 24 hour service.
d)
Standard
Amenities
Shampoo, shower gel, hand soap, body lotion, sanitary bag, shower cap, dental kit, hair brush,
loofah, cotton buds , tissue roll, tissue box .
e)
Standard
Supplies
Bath towel,
hand towel, bath
mat, memo ped, pen, hotel directory, laundry bag, hair dryer, slipper, mineral water, sugar, brown sugar, creamer, diasweet, coffee nescafe, dilmah english
breakfast, dilmah pure green tea.
4) Princess
Suite, 1 Room
a)
Published
Rate : Rp 4.000.000,-
b) Size : 45 m2
c)
Fasilities
King bed (180x200), standing shower, telepon, AC,
refrigerator and Mini bar facilities,
TV flat screen, water heater, free wi-fi, electronic key system, arm chair, rack baggage, coffee and tea marker, sofa private
balcon view pool with balcon chair & balcon tabel, long sofa near bed,
electronic key, coffe and tea maker, flower bucket, fruits basket, 24 hour room
service.
d)
Standard
Amenities
Shampoo, shower gel, hand soap, body lotion, sanitary bag, shower cap, dental kit, hair brush,
loofah, cotton buds, tissue roll, tissue box, shaving kit,
shewing kit, face towel, freeza .
e)
Standard
Supplies
Bath
towel, hand towel, bath mat, memo ped, pen, hotel directory, laundry bag, hair dryer, slipper, mineral water, sugar, brown sugar, creamer, diasweet, coffee nescafe, dilmah english
breakfast, dilmah pure green tea, aqua reflection.
5) Honeymoon
Suite, 1 Room
a)
Published
Rate : Rp 5.000.000,-
b) Size :
70
m2
c)
Fasilities
King bed/twin bed,
flower
bucket, fruits basket, standing
shower, telepon, AC, refrigerator and mini bar facilities,
2 TV flat screen, water heater,
free wi-fi,
electronic key system, arm chair, coffee and tea marker, 24 hour service.
d)
Standard
Amenities
Shampoo, shower gel, hand soap, body lotion, sanitary bag,
shower cap, dental kit, hair brush,
loofah, cotto buds, tissue roll, tissue box, shaving kit, shewing
kit, freeza.
e)
Standard
Supplies
Bath towel,
hand towel,
face towel, bath mat, memo ped, pen, hotel directory, laundry bag, hair dryer
slipper, mineral water, sugar, brown sugar, creamer, diasweet, coffee nescafe, dilmah english
breakfast, dilmah
pure green tea, aqua reflection.
6) Queen
Suite Room, 1 Room
a)
Published
Rate : Rp 6.750.000,-
b) Size : 125 m2
c)
Fasilities
Twin bed (160x200), living
room, dinning room, flower bucket, fruits basket, standing shower, telepon, AC, refrigerator and mini bar facilities, 2 TV flat screen, water heater,
free wi-fi, electronic key system, arm chair, coffee and tea marker,
24 hour service.
d)
Standard
Amenities
Shampoo, shower gel, hand soap, body
lotion,
sanitary bag, shower cap, dental kit, hair brush, loofah, cotton buds, tissue roll, tissue box, shaving kit, shewing kit, freeza, bath robe.
e)
Standard
Supplies
Bath towel, hand towel, face towel, bath
mat,
memo ped, pen, hotel directory, laundry bag, hair dryer, slipper, mineral water, sugar, brown sugar, creamer, diasweet, coffee nescafe, dilmah english breakfast, dilmah pure green tea, aqua reflection.
7) Governor
Suite, 1 Room
a)
Publish Rate : Rp. 9.000.000
b)
Size :
125 m2
c)
Fasilities
Twin bed (160x200), living room, dinning room, flower
bucket, fruits basket, standing
shower, telepon, AC, refrigerator and
mini bar facilities, 3 TV flat screen, water heater, free wi-fi, electronic key system, arm chair, coffee and tea marker,
24 hour
service.
d)
Standard
Amenities
Shampoo, shower gel, hand soap, body
lotion, sanitary bag,
shower cap,
dental kit, hair brush,
loofah, cotton
buds, tissue roll,
tissue box,shaving kit, shewing kit, freeza,
bath robe.
e)
Standard
Supplies
Bath towel,
hand towel,
face towel, bath mat, memo ped, pen, hotel directory, laundry bag, hair dryer, slipper, mineral water, sugar, brown sugar, creamer, diasweet, coffee nescafe, dilmah
english breakfast, dilmah
pure green tea, aqua reflection.
8) King
Suite, 1 Room
a) Publish
Rate : Rp.10.000.000,-
b) Size
: 125 m2
c)
Fasilities
Twin
bed
(160x200),
living
room, dinning room, flower
bucket, fruits basket, standing shower, telepon, AC, refrigerator and mini bar facilities, 3 TV flat screen, water heater, free wi-fi, electronic key system, arm chair, coffee and tea marker,
microwave, 24 hour service.
d)
Standard
Amenities
Shampoo, shower gel, hand soap, body
lotion,
sanitary bag, shower cap, dental kit, hair brush,
loofah, cotton buds, tissue roll, tissue box, shaving kit, shewing kit,
freeza, bath robe.
e)
Standard
Supplies
Bath towel,
hand towel,
face towel, bath mat, memo ped, pen, hotel directory, laundry bag, hair dryer, slipper, mineral water, sugar, brown sugar, creamer, diasweet, coffee nescafe, dilmah
english
breakfast, dilmah
pure green tea, aqua reflection.
9) Presidential
Suite, 1 Room
a) Publish
Rate : 15.000.000,-
b) Size :
250 m2
c)
Fasilities
Twin bed (160x200), single bed (200x200), living room, big dinning room, flower bucket,
fruits basket, standing shower, telepon, AC, refrigerator and
mini bar facilities, 5 TV flat screen, water heater,
free wi-fi, timbangan
berat badan , 3 table work , electronic key system,3 arm chair, eating set , meja
berhias,ward robe, safe deposit box , coffee and tea marker, 24 hour service.
d)
Standard
Amenities
Shampoo, shower gel,
hand soap, body lotion,
sanitary bag,
shower cap, dental kit, hair brush, loofah, cotto buds, tissue roll, tissue box, shaving kit, shewing
kit, freeza, bath robe.
e)
Standard
Supplies
Bath towel, hand towel, face towel, batmate,
memo ped, pen, hotel
directory, laundry bag, hair dryer, slipper, mineral water, sugar, brown sugar, creamer, diasweet,
coffee nescafe,
dilmah english breakfast,
dilmah pure green tea, aqua reflection.
1.
Meeting Chamber
Memiliki 9 Meeting Chamber :
Meeting Facilities :
a)
1 Screen
b)
1 White Board with Markers
c)
1
Flipchart with Markers
d)
Standard
Sound System and Microphone
e)
Refreshment
and Mineral Water
f)
Standard
Meeting Decoration
g)
Memopad
and Pencil
h)
Free
Hot Spot
Meeting
Packages :
a)
All
Day Executive Meeting Rp 550.000,- ++
3 Times Coffee Break with Snack
Lunch & Dinner Arrangement
b)
Full Day Executive Meeting Rp 325.000,- ++
2 Times Coffee Break with Snack
Lunch or Dinner Arrangement
c)
Half
Day Executive Meeting Rp 275.000,- ++
1 Time Coffee Break with Snack
Lunch
or Dinner Arrangement
d)
Additional Coffee Break Rp 150.000,- ++
1 Time Coffee Break with Snack
Residential Meeting :
a)
Single
Occupancy Rp 1.250.000,- ++
b)
Twin
Sharing Rp 950.000,- ++
c)
Residential Meeting Packages are Inclusive of :
1 Night Stay
1x Breakfast
2x Coffee Break, Lunch, Dinner
Standard Meeting
Equipment
One Reception Table
One Small Screen
One Flipchart with
Markers
One White Board with
Markers
Two Microphones
Sound System and
Lighting
Memopad and Pen
Refreshment and
Mineral Water
Standard Meeting
Decoration
Plantation and Flowers
2.
Lobby
1.
Restaurant
a) Belle Vue 24 Hour French and Italian Bistro
b) Fat Dragon/Crystal Dinning Chamber Asian
and Tradisional Food
2.
Other Fasilities
a)
Taxi Service
b)
24
Hour Frontdesk
c)
ATM/
Cash Machine On Site
d)
Business
Center
e)
Mushola
f)
Garden
g)
Laundry Service
h)
Parking Area
i)
Room Rate & Event Package
j)
Room Rate & Fasilities
k)
Room Type Rate & Fasilities
l)
Free Wi-Fi
m)
Outdoor
Swimming Pool & Kids Swimming Pool
I) Baby and Kids Facilities
J) Roof Top Bar
n)
Pet
Inn
DOG
|
|||||
Type of Dog
|
1 Day
|
3 Days
|
5 Days
|
7 Days
|
Long Stay
|
Small 0 - 7 Kg
|
Rp 125.000,-
|
10% Disc
|
15% Disc
|
20% Disc
|
25%
Disc
|
Medium 7 - 15 Kg
|
Rp 150.000,-
|
||||
Large 15 - 30 Kg
|
Rp 175.000,-
|
||||
X Large 30 Kg +
|
Rp 200.000,-
|
||||
CAT
|
|||||
Rp 75.000,- / Day
|
Dog Playground and Swimming Pool :
o)
Spa
p)
Fitnes
Center
q)
Pastry Shop
r)
Drug Store
A. Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan Praktek Kerja Industri yang
dilaksanakan Penulis, yaitu tanggal 10 oktober 2016 sampai 10 februari 2017,
bertempat di G.H UNIVERSAL HOTEL Bandung.
B.
Langkah
Kerja
Menurut hotel masing-masing karena SOP Hotel berbeda-beda :)
A.
Aturan
Keselamatan Kerja
1. Berikut
adalah aturan keselamatan kerja:
a.
Berdoa sebelum bekerja.
b.
Berhati- hati dalam
bekerja.
c.
Harus berkonsentrasi
penuh dalam bekerja.
d.
Bila ada peralatan yang
rusak, maka segeralah diperbaiki / diganti.
e.
Jika memakai peralatan
berlistrik, jauhilah dari air.
f.
Periksa peralatan
sebelum dipakai.
g.
Rawatlah peralatan
dengan sebaik-baiknya.
h.
Ikuti peraturan yang
sudah ada di perusahaan.
a.
Pekerja
Para pekerja atau karyawan disuatu
perusahaan harus dijaga dengan baik kesehatannya. Hal tersebut sangat
penting untuk meningkatkan kinerjanya sehingga memperoleh tenaga-tenaga kerja
yang produktif dan profesional. Produktif dan profesional yang meningkat pada
gilirannya akan membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.
Usaha-usaha keselamatan
dan kesehatan kerja, yaitu:
1) Mengadakan
seleksi dari calon pegawai.
2) Pemeriksaan
kesehatan secara rutin terhadap pegawai.
3) Meningkatkan
kesejahteraan dan mengusahakan suasana serta cara hidup pekerja seoptimal
mungkin.
4) Imunisasi
berkala terhadap penyakit- penyakit khusus.
B.
Analisa
Hasil Kerja
Keberhasilan yang dialami Penulis merupakan
pengalaman yang sangat berharga selama melaksanakan Praktek Kerja Industri di
G.H UNIVERSAL HOTEL Bandung antara lain:
1.
Penulis dapat menerapkan ilmu yang
didapat dari Sekolah untuk operasional di Hotel sekaligus mengembangkannya.
2.
Penulis dapat lebih memahami dunia kerja
nyata yang sebenarnya.
3.
Penulis dapat mengetahui bagaimana cara
membina hubungan baik antara sesama rekan kerja dengan profesional.
4.
Penulis telah mampu untuk merasa percaya
diri dalam melaksanakan semua tugas-tugas yang dikerjakan.
5.
Penulis mendapat berbagai ilmu yang
tidak penulis dapatkan di Sekolah.
6.
Minimnya jumlah karyawan membuat Penulis
mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan operasional secara sendiri.
7.
Penulis dapat lebih tenang dalam
memecahkan suatau permasalahan.
Adapun perbedaan antara teori
dan praktek diantaranya :
1.
Adanya perbedaan antara Standar
Operasional Prosedur yang digunakan Sekolah dengan Hotel.
2.
Adanya perbedaan pembagian waktu kerja
yang di pelajari di Sekolah dengan di Hotel.
BAB
IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Selama empat bulan Penulis melaksanakan Praktek Kerja Industri di G.H UNIVERSAL HOTEL Bandung
banyak hal baru yang Penulis
dapatkan,
Baik itu dari segi wawasan ataupun keterampilan kerja, adapun beberapa
kesimpulan yang dapat Penulis tarik dari laporan ini adalah :
1. Kegiatan
Praktek Kerja Industri sangatlah penting untuk mempersiapkan siswa yang akan menjadi calon
profesional di masa yang
akan datang.
2. Selama
pelaksanaan Praktek Kerja Industri Penulis banyak
mendapatkan ilmu serta wawasan yang baru dalam hal operasional.
3. Tuntutan
dunia industri terhadap calon tenaga kerja ataupun siswa yang melakukan program
Praktek Kerja Industri cukup tinggi baik dari segi skill, Knowledge ataupun attitude.
4. Untuk
operasional Housekeeping Departement G.H UNIVERSAL HOTEL memiliki standar yang
cukup baik dilihat dari digunakannya Standar Operasional Prosedur dan Standar
Job Description oleh seluruh staf.
5. Ilmu
yang Penulis pelajari di Sekolah sangat bermanfaat dalam pelaksanaan
Praktek Kerja Industri.
6. Semua
section saling bekerja sama menghadapi event-event tertentu.
7. Mengingat
sedikitnya jumlah
staf setiap dapartment membuat para siswa training memiliki peranan yang sangat
penting.
DAFTAR
PUSTAKA
b.
Trip Advisor
c.
www.Sakyakumara.blogspot.com
e.
http://www.jelajahinternet.com
Selesai. tinggal tambakan SOP, Saran dan Lampiran aja.:)
Semoga postingan hari ini bermanfaat bagi Sahabat Blogger semuaaa :)
Jangan lupa kritik dan sarannya yup :D Jangan lupa Follow dan kunjungi Blogku.
Apakah blog ini mash on.?
BalasHapusTerimakasih dengan ini aku bisa mengerti cara buat laporan thqππ
BalasHapus